kegiatan pemicuan sanitasi berbasis masyarakat (stbm) di puskesmas mekarsari

chartkegiatan pemicuan sanitasi berbasis masyarakat (stbm) di puskesmas mekarsari di laksanakan untuk terjamin nya kehidupan yang layak dan untuk kehidupan yang lebih bersih untuk masyarakat

FGD ini biasanya berlangsung ketika masyarakat sudah terpicu dan ingin berubah, namun terhambat dengan tidak adanya uang untuk membangun jamban.

  • Apabila masyarakat mengatakan bahwa membangun jamban itu perlu dana besar, fasilitator bisa menanyakan apakah benar jamban itu mahal? Bagaimana dengan bentuk ini (berikan alternatif yang paling sederhana).
  • Apabila masyarakat tetap beralasan mereka cukup miskin untuk bisa membangun jamban (meskipun dengan bentuk yang paling sederhana), fasilitator bisa mengambil perbandingan dengan masyarakat yang “jauh lebih miskin” daripada masyarakat Indonesia, misalnya Bangladesh. Bagaimana masyarakat miskin di Bangladesh berupaya untuk merubah kebiasaan BAB di sembarang tempat.
  • Apabila masyarakat masih mengharapkan bantuan, tanyakan kepada mereka: tanggung jawab siapa masalah BAB ini? Apakah untuk BAB saja kita harus menunggu diurus oleh pemerintah dan pihak luar lainnya?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*